Buah Tangan

29-30 November 2013

Sudah lama saya tidak menjajal perjalanan panjang. Akhir pekan ini, kesempatan untuk duduk diam dan berpikir banyak-banyak kembali datang. Lewat perjalanan dua arah masing-masing 5 jam yang kemudian beranak menjadi 22 jam.

Duduk di kursi samping kemudi, saya membekali diri dengan buku bacaan. Perjalanan tak lain kesempatan langka untuk fokus menuntaskan buku, atau membaca ulang buku kesayangan. Tapi malam itu, saya lebih banyak berpikir. Membiarkan suara-suara hati memenuhi rongga kepala. Menikmati sunyi sembari menyerahkan diri pada apa yang sebenarnya diri ini mau. Suara yang sebenarnya sering didengar, tapi kadang kalah oleh riuhnya huru-hara di luar. Ya, belakangan saya memang terlampau banyak berpikir.

Saya berpikir soal pergi. Soal apa yang membuat saya bertahan. Apa yang menjadi alasan untuk tak meninggalkan. Kemudian, saya berpikir soal hidup. Soal umur yang tak lagi muda, soal tanggung jawab. Soal perubahan. Ada tekanan di nebula yang mendesak kata-kata keluar dari lidah. Tapi, sampai saat ini saya masih terus berpikir untuk mengorek alasan dibalik putar kemudi itu. Pernyataan macam itu tidak boleh saya keluarkan main-main.

Saya ingin memutar hidup ini. Merubahnya. Ke arah yang lebih baik. Banyak kesalahan yang saya lakukan dua tahun belakangan. Dan nampaknya, jika saya masih bertahan di jalur yang sama maka akan lebih sulit untuk tidak mengulanginya. Dan dengan banyaknya kerusakan di batu pembangun kehidupan saya (yang terkadang dengan bodohnya saya sendiri dengan polos membawanya ke mesin penghancur), maka perubahan drastis barangkali jadi jawaban yang paling tepat. Sebuah keputusan besar, penuh resiko, menyakitkan di awal — tapi akan membawa saya ke kehidupan yang lebih baik. Dan saya tahu, paling tidak ada dua langkah yang saya ambil untuk mendapatkannya. Mencoba bicara pada orang-orang yang doa dan lengannya tak pernah jauh dari lingkar badan saya; dan yang kedua menguatkan tekad untuk menutup mata. Lalu pergi.

“To turn your life around, or to screw it down. That will be your choice”

Leave a Reply

