Mari Bicara Kebenaran

Hi hi semuanyaa wah lama juga gak update blog. Saya baru kembali dari Jakarta malam ini. Setelah tiga hari join acara Komnas Perempuan: Mari Bicara Kebenaran.

Kebetulan saya kesana mewakili generasi muda, dan juga untuk ngobrol-ngobrol soal film Ketula-Tula Katali. Sepertinya ini kali kedua saya diajak Komnas untuk bicara saat pemutaran film ini. Acaranya seruu…pertama saya ketemu Lia lagi, si Sutradara Bi Yo Yu Sheng (haha bener gak Li?) yang sudah hampir tiga tahun gak ketemu. Apa yang dihasilkan oleh dua anak gadis manis yang ditempatkan sekamar? Yak, gosip saudara-saudara. Haha ngegosip terus deh saya sama dia. Terkuaklah pula kabar bahwa Insya Allah Lia akan segera menjadi halal untuk Aa Imam-nya tahun depan. Well, i was surprised. But Im so happy for you both! Have a happy early marriage🙂

 

Saya juga ketemu banyak wanita korban kekerasan. Mulai dari Poso, korban 98, korban 65, hingga Aceh. Merinding dengar testimoni dari mereka. Ini beberapa contohnya,

BM (korban 65): “…saya ditelanjangi. Dibakar rambut saya dan rambut kemaluan saya. Diposisikan duduk berpangkuan dengan lelaki yang juga ditelanjangi”

MY (Papua): “…satu desa kami janda semua. Suami-suami kami dipenggal di depan mata kami. Ada yang telinganya dipotong….” (saya gak kuat denger lanjutannya)

AN (Aceh): “…presiden tidak berkomitmen menyelesaikan masalah ini. Terleih pemerintah daerah kami, ingin melupakan masa lalu”

Namanya sengaja saya samarkan, atas alasan etika penulisan.

 

Ternyata masih banyak tanggung jawab kita sebagai generasi muda, teman! Mari kita ungkap kebenaran yang ada dari tragedi kekerasan bangsa ini. Sebab masih banyak hak-hak korban yang harus diperjuangkan. Kalau bukan yang muda-muda siapa lagi yang berjuang kan? Doakan saya untuk tetap berkomitmen dalam membagi tanggung jawab ini yaa.

 

Mari kita bicara kebenaran teman. Karena kebenaran memang seharusnya terungkap.

 

This is the time NOT to FORGET our history. But to deal with it, FORGIVE everyone in the past.

 

Lets play our role as young generation. Read the literature, hear the stories, make action, and do some reconciliation.

 

Cheers!🙂

 

 

Leave a Reply

