Menunggu

Pekerjaan yang paling dibenci orang sedunia, adalah menunggu.
Lihat saja ruang tunggu yang tersebar dimana-mana. Mulai dari di terminal, bandara, rumah sakit. Semua orang yang berada di dalamnya jarang yang terlihat relaks, santai, biasanya semua tampak siaga akan hadirnya sesuatu.
Tidak peduli dimanapun kita menunggu, entah menunggu hujan reda di emper toko, atau sebaliknya menunggu kedatangan pesawat di executive lounge kegiatan yang berjudul “menunggu sesuatu” tetap bukan hal yang menyenangkan.

“Menunggu membuat kita berharap.
Menunggu membuat kita berpikir, tentang apa yang harus dilakukan bila hal yang kita tunggu itu telah datang.
Menunggu membuat kita bersabar pastinya.”

Lalu..apa yang saya dapat selama menunggu?
Saya rasa, kini saya lebih mengerti apa arti sebuah ikatan.
Yang kadang ruwet, mblunder di tengah, tapi akhirnya akan bertemu lagi di satu titik.
Lewat menunggu saya jadi lebih mengerti pengertian yang lebih matang tingkatnya. Dengan lingkungan dan mood yang berbeda, bagaimana saling bersikap.
Menunggu membuat saya menyadari betapa berharganya waktu bersama. Yang terkadang kami gunakan untuk mencibir satu sama lain.
Di masa penantian ini, saya belajar cara menjaga rasa. Tentang rasa yang tak selalu manis dikecap.
Bahwa percaya, yakin sepenuhnya, dan selalu berpikir positif adalah hal yang utama.

Saya sedang menunggu, di ruang tunggu yang memang membuat saya gelisah, tak nyaman.
Ruang ini selalu membuat saya berharap, tanggal dapat loncat dengan mudah ke tanggal kedatangannya.
Memunculkan kembali impian masa kanak-kanak saya tentang doraemon dan pintu kemana saja.
Di ruang tunggu ini, tak saya pungkiri terkadang saya juga gerah, hampir kehabisan kesabaran. Karena banyaknya orang yang datang silih berganti, riuh.

Namun dia…membuat saya mau bersabar, untuk kembali duduk, dan menunggu..

Leave a Reply

